Jumat, 07 Desember 2012

Statistics Center UNDIP

Company Profile




A. Riwayat Singkat Statistic Center


Statistics Center adalah pusat kajian dan pengembangan ilmu statistik di dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Statistika yang secara garis besar arahan kerjanya memiliki dua konsentrasi pengembangan, yaitu pengembangan basic keilmuan yang mengacu pada peningkatan prestasi mahasiswa secara umum serta pengembangan softskill kewirausahaan mahasiswa. 

Ide pembentukan biro ini muncul sejak pertengahan tahun 2005, yang kemudian berdasarkan program kerja Himpunan Mahasiswa Statistika periode kepengurusan Juni 2007 – Maret 2008 disusunlah base bureau design sebagai pemikiran dasar yang melandasi berdirinya Biro Statistics Center.

Selanjutnya pada tanggal 27 November 2007 dibentuklah tim formatur pendirian SC yang keanggotaannya mencakup seluruh komponen Himpunan Mahasiswa Statistika. Forum ini bertugas mempersiapkan segala alat dan kelengkapan pembentukan SC, hingga pada tanggal 5 Januari 2008 terbentuklah struktur organisasi SC dengan anggota tim formatur angkatan ke-2, ke-3, dan ke-4 sebagai pengurus utama awal. 


B. Bidang Usaha


SC merupakan sebuah biro yang memberikan jasa analisis data statistic untuk masyarakat di luar Program Studi Statistika serta mempersiapkan sumberdaya produktif untuk pemenuhan kompetensi dalam berbagai bidang. Dalam usahanya, SC memberikan layanan jasa analisis data, pelatihan, course, research,survey dan sebagainya.

Disini kita harapkan Statistic Center mampu menjadi ciri khas Statistika dengan salah satu fokus utama biro ini adalah pada sinkronisasi ilmu dalam perkuliahan dengan kebutuhan pasar. Selain itu, dengan adanya SC, diharapkan akan tumbuh budaya belajar, menulis dan berdiskusi di kalangan warga statistika. 

Untuk mencapai arahan kerja tersebut, dalam struktur SC terdapat empat divisi, yaitu Divisi Study Club, Data Analyze, HRD, dan Customer Service. Dalam sistem pengembangan biro, SC memiliki satu sistem yang dibentuk untuk memperkuat sense keilmuan dan manajerial. 

Divisi Study Club memiliki dua bagian, yaitu Bagian Research dan Kajian Ilmiah, Sementara HRD memiliki dua bagian, yaitu Pengembangan SDM dan Kaderisasi. Untuk Divisi Public Relation juga terdapat dua bagian, yaitu Networking dan Customer Service.


Track Record

1. Bekerja sama dengan LPMP Jateng (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) mengolah data dan menganalisa hasil UAN SMP/sederajat, SMA/sederajat, SMK se-provinsi Jawa Tengah tahun 2008

2. Bekerja sama dengan LRI (Lembaga Riset dan Informasi) pusat mengadakan survey pemilihan umum legislative tentang perilaku pemilih di wilayah tengah provinsi Jawa Tengah (Kab. Klaten) tahun 2009

3. Bekerja sama dengan JSI (Jaringan Suara Indonesia) pusat mengadakan survey pemilihan umum legislative tentang keterwakilan perempuan dalam pemilu legislatif untuk daerah pemilihan Jateng III (Grobogan, Blora, Pati, Rembang) tahun 2009

4. Mengadakan perhitungan cepat (Quick count) independen dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah tahun 2008

5. Bekerja sama dengan LSI (Lembaga Survey Indonesia) Jateng mengadakan survey dan perhitungan cepat (Quick Count) pemilihan umum legislative provinsi Jawa Tengah (Kab. Klaten) tahun 2009

6. Mengadakan survey tentang perilaku pemilih dalam pemilihan gubernur Jawa tengah bekerja sama dengan mahasiswa S2 FISIP Undip dalam rangka penyusunan tesis.

7. Melakukan pelayanan jasa pengolahan data skripsi untuk mahasiswa Undip dan Perguruan tinggi lain.

8. Melakukan pelatihan software statistika baik privat maupun kelompok

9. Melakukan Survey Ekuitas Merek bekerja sama dengan Laboratorium Klinik CITO tahun 2009.

10. Mengadakan perhitungan cepat (Quick Count) dalam pemilihan Walikota Semarang tahun 2010.

11. Melakukan survey kelayakan kampus MIPA undip tahun 2011

12. Melakukan survey annual Pendengar Radio di Semarang Tahun 2012

13. melakukan survey Pajak Nasional yang bekerjasama dengan KPP Demak tahun 2012




Tidak ada komentar:

Posting Komentar