Kamis, 04 Oktober 2012

Great Journey

halo semua, kali ini gw mau cerita tentang pengalaman gw waktu ke IPB di bogor sana.
Gini ceritanya, sebelumnya gw bareng sama 3 rekan dari jurusan jadi delegasi buat acara Statistika Ria 2012. Kita berangkat hari kamis, 28 September 2012 dari terminal Banyumanik pake bis Gunung Harta yang cukup bagus. akhirnya tepat jam 7 malem kita berangkat, sempet telat juga soalnya dijadwalnya harusnya berangkat jam 6 sore. ya udah kita langsung naik bis dan menikmati perjalanan malam dari Semarang menuju Bogor selama 12 jam lebih. selama 12 jam perjalanan aku habiskan buat istirahat alias tidur. hehe cukup melelahkan , dan waktu di daerah Kendal bisnya berhenti buat makan malam di suatu resto gitu. 
    singkat cerita, akhirnya gw bangun di daerah Pasar Rebo, Jaktim setelah tidur lama, dan ternyata masih lumayan jauh dari Bogor. dan akhirnya sambil menikmati kemacetan daerah sekitar Bogor, kita tiba di pemberhentian terakhir yaitu daerah Bubulak sekitar jam 7 pagi hari Jumat, dan sambil menunggu jemputan dari panitia, kita transit di Pombensin terdekat. setelah menunggu, akhirnya kita dijemput juga sama panitia untuk diantar ke penginapan yang udah disediakan. namun karena waktu check in masih jam 11, kita dianter panitia buat breakfast juga keliling kampus IPB. agak siang akhirnya kita dianter ke Wisma Amarilis, salah satu penginapan di dalam Kampus IPB. 
    akhirnya bisa masuk kamar, istirahat sambil bersih-bersih. karena Technical Meeting masih jam 2 siang, gw mutusin buat tidur siang dulu. hahay. 2 jam tidur cukup buat gw jadi seger lagi. jam setengah dua, kita akhirnya mobilisasi ke departemen Statistika buat TM. Saat TM, kita ketemu sama temen2 dari seluruh Indonesia yang mengirimkan delegasinya untuk acara tersebut. Ada dari UI, STIS, Unpad, ITS, Undip (pastinya), Unsri, Univ. Riau, Univ. Bengkulu, Unisba, UII, IPB, UNIPA, Binus University, Unpar, UGM, dan masih banyak lagi (lupa soalnya).. 
     Di TM itu acaranya pembukaan, sambutan2, dan yang pasti pengumuman buat acara lombanya. setelah 2 jam berlalu, acara selesai, dilanjutin ke acara keliling kampus IPB. dan kita singgah di Gedung Rektorat namanya Gedung Andi Hakim Nasution (Bapak Statistika Indonesia). yang pasti ngga lupa buat foto foto.




ini ada beberapa foto kita disana , ,

TM selesai, waktunya kita ke penginapan buat persiapan acara besok pagi. ..
Hari pertama, 29 September 2012. bertempat di Audit AHN acara dimulai jam 8 pagi. dimulai dari pembukaan , sambutan2 kemudian acara seninya yang cukup memukau dilanjutin sama seminar dari beberapa tokoh penting. seinget gw yang paling berkesan itu pas pembicaranya dari Indo Barometer, ya Pak Qodari. beliau dengan santai menyampaikan materi namun sangat menarik perhatian. beliau lebih tertarik pada bidang sosial dan politik. Dan saat jam 1 siang, akhirnya harus meninggalkan gedung karena acara inti segera dimulai. ya babak penyisihan Kompetisi Statistika Nasional. Gw degdegan banget waktu itu, dan yang gw takutin soalnya keluar semua, ya Mata Kuliah Rancob. padahal gw belum ngambil makul itu. tapi gw tetep optimis dan berusaha semaksimal mungkin karena ini bawa nama almamater.

Hari Kedua, 30 September 2012. 
acaranya dipindah ke gedung JHH, di Fakultas Peternakan. dan sebelum acara dimulai ada pengumuman babak penyisihan kemarin. sempet deg2an, dan alhmdulillah 3 delegasi dari Undip masuk untuk babak semifinal. namun gw lg kurang beruntung aja. ini pengalaman yang berharga banget buat gw (lebay). peserta yang masuk semifinal dibawa ke ruangan khusus, sisanya ikut bedah buku dan acara lainnya di gedung JHH. dibuka dengan Bedah Buku dari penulis ternama Iwan Setiawan yang mengarang buku "9 Summers and 10 Autumns". Waktu kemarin, bedah buku terbarunya yang berjudul "Ibuk". Mas Iwan tinggal selama 10 tahun di US, sebagai konsultan, dan 2010 kemrin baru nyampe di Jakarta. Keren banget. dari bukunya gw jadi terinspirasi dan terpacu buat bisa lebih baik lagi. abis bedah buku itu, langsung dilanjut sma seminar dengan 3 pembicara yaitu Rektor STIS, Manager SAS, dan dari pihak LSI. bahasannya menarik dan cukup dimengerti walaupun sedikit ngantuk, heheh

setelah isoma, ada pengumuman penting buat siapa yang masuk 5 besar alias masuk final. Akhirnya dari Undip ada 1 yang masuk final. yang masuk final waktu itu ada 2 dari STIS, 1 dari Undip, IPB, dan UGM.
babak final pun dimulai dengan ngerjain soal dan disedian Ms. Excell sama ppt buat presentasinya. 
Setelah presentasi dan lain-lain, inilah waktu yang sangat menentukan. Yup, pengumuman pemenang. Dan ada hal lucu yang terjadi, waktu mau diumumin gitu, tiba2 slide-nya keliatan siapa yang jadi juara umum, jadi ya ngga surprise lagi deh,, dan yang jadi juara umum itu UGM, Undip dapet Juara 5. yeah acara ditutup sama penampilan live dari Adera.. ahahaha bikin melow n galau aja,,,
jam 6 sore acara berakhir, dilanjut sma shalat magrib, dan ada yang bikin galau juga, gara2 ngga dapet bis pulang ke semarang, jadi kita pulangnya senin pagi.

Hari Ketiga, Senin 1 Oktober
kita janjian buat ketemu di depan BNI, coz kita nginepnya beda2, ada yang di kos panitia dan gw di kos shabat SMA gw,, jam 10 kita ngumpul. terus nyari oleh-oleh buat temen2 di semarang,, ngga lama akhirnya kita naik angkot menuju bubulak. dan ternyata bisnya baru berangkat jam setengah 1, padahal kita udah nunggu dari jam 10.30.. hohoho ternyata di Bogor itu sekrang panas banget hampir sama kaya di Semarang. padahal kan katanya Bogor kota hujan. setelah shalat dhuhur, akhirnya bis berangkat menuju semarang,, perjalanan siang hari ada untungnya coz kita bisa liat pemandangan selama perjalanan, dimulai dari arus lalu lintas yang sibuk, banyak kendaraan, jalan tol yang panjang, dll.. perjalanan pulang pun gw sempet tertidur, dan waktu itu mkannya di daerah Indramayu sekalian shalat maghrib.. setelah istirahat sejenak, akhirnya perjalanan dilanjutin. setelah menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam, akhirnya kita nyampe di Tembalang jam 1 malam..

melelahkan memang, tapi banyak hal yang bisa diambil manfaatnya gara2 iktan acara itu. semoga bisa kembali jadi delegasi di SR 2013.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar